20.5 C
Garut
Senin, November 29, 2021

Rumah Sakit dr. Slamet Garut akan Terapkan e-BLUD

Must read

GARUT, http://FaktaIndonesia.com Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyatakan, Rumah Sakit dr. Slamet Garut dalam waktu dekat akan segera menerapkan dan menggunakan aplikasi e-BLUD. Dengan penerapan ini, diharapkan pengelolaan keuangan rumah sakit bisa dilihat dan dipantau secara terbuka.

“Mulai tahun depan saya akan membuka cashflow nya rumah sakit, berapa rencana pendapatan, berapa rencana pengeluaran, apa yang dikeluarkan itu untuk apa. Dengan demikian juga masyarakat akan mengontrol hal yang berhubungan dengan keberadaan rumah sakit,” ujar Bupati Garut, saat membuka acara Sosialisasi e-BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Garut, di Ballroom Hotel Harmoni, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jum’at (22/10/2021).

e-BLUD sendiri merupakan sistem pengelolaan keuangan daerah yang berbasis aplikasi. Pada aplikasi ini, semua pengelolaan keuangan dari sebuah instansi bisa terstandarisasi dan dapat dilihat secara transparan.

Untuk itu Bupati Garut menyambut baik adanya e-BLUD di Kabupaten Garut, yang akan mempermudah monitoring jalannya keuangan pemerintah daerah.


“Tentu saya berharap dengan e-BLUD ini, pertanggungjawaban terkait Badan Layanan Umum Daerah ini, sebagai bagian pelayanan yang otonom di bidang keuangan. Pengelolaan uangnya bersifat mandiri, tapi cash flownya harus terbuka,” imbuhnya.

Rudy menjelaskan, e-BLUD ini merupakan sebuah sistem yang otonom dan tidak ada proses politik di dalamnya. Sehingga suatu instansi bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan bebas tanpa campur tangan dari pemerintah daerah.


“BLUD itu adalah hakekatnya adalah memberikan fleksibilitas kepada satu kegiatan yang dikelola oleh satu institusi, satu entitas rumah sakit supaya dia bebas bergerak. Karena kalau di APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) waktunya hanya dua kali dalam setahun, harus melalui persetujuan DPRD, ada proses politik kalau di BLUD tidak ada proses politik, semua berjalan berdasarkan kebutuhan dan profesionalisme,” ujar Rudy.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut, Direktur RSUD dr Slamet Garut Husodo Dewo Adi menerangkan, e-BLUD merupakan sebuah program untuk menstandarisasi pengelolaan keuangan, pada suatu instansi di setiap daerah agar tidak berbeda-beda.

“Kementerian Dalam Negeri dengan bantuan dari tim pengembangan dari UI kemudian pengembangan aplikasi e-BLUD di mana aplikasi itu kita bisa melakukan mulai dari rencana anggarannya, lalu anggaran sendiri, penata laksanannya sampai kepada akuntansi, itu semua serba otomatis masuk dalam satu aplikasi ini. Itu sih harapannya dari kita bisa terstandarisasi bisa transparan, lebih efektif,” jelasnya.

Ia berharap, pengelolaan keuangan di RSUD dr. Slamet bisa terstandarisasi, efektif dan bisa dilihat dengan transparan ketika dilakukan pengawasan oleh pihak tertentu.

“Ke depannya kita berharap penatalaksanaan keuangan khususnya yang di rumah sakit khususnya Rumah Sakit dr. Slamet Garut ini bisa terstandar dengan baik. Itu juga kita bisa melakukan pengawasan juga bisa lebih baik lagi dan juga nanti pengawasan dari pihak baik dari pihak Pak Bupati, Pak Wakil maupun DPR d dan inspektorat akan bisa lebih terakomodasi transparannya itu lebih enak gitu,” pungkasnya. (**)

Editor: J Gun

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article